3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

 

3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran 

Empat pertanyaan pemantik yang disediakan adalah sebagai berikut. 

Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Belajar dan berbagi itu indah itulah yang menjadi pegangan saya pada setiap mengikuti kegiatan pengembangan diri yang saya ikuti. Artinya selain belajar untuk peningkatan kompetensi diri sendiri, saya juga melakukan sharing atau berbagi apa yang sudah saya dapatkan baik kepada rekan-rekan guru di sekolah dan juga rekan-rekan guru di seluruh nusantara. Karena dengan berbagi maka ilmu yang akan kita dapatkan akan semakin bermakna baik untuk diri sendiri maupun untuk orang banyak . Selain itu, kita juga dapat menginspirasi rekan-rekan yang lain untuk ikut melakukan apa yang telah saya lakukan. 

Adapun cara yang akan saya lakukan dalam mentransfer dan membagikan pengetahuan yang saya dapatkan dalam program guru penggerak ini yaitu: 

  1. Mensosialisasikan materi-materi program guru penggerak yang telah didapatkan melalui komunitas praktisi seperti MGMP Sejarah di sekolah atau dalam lingkup yang lebih luas seperti sosialisasi lintas jurusan dalam satu sekolahan. 
  2. Mensosialisasikan materi-materi program guru penggerak melalui kegiatan Virtual dengan aplikasi google meet, Zoom Meeting dan Webex
  3. Mensosialisasikan materi-materi program guru penggerak melalui sosial media baik berupa tulisan maupun video yang diupload ke channel youtube, , facebook dan Lain- lain.

Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran di sekolah dalam rangka mewujudkan merdeka belajar dengan pembelajaran yang berpihak kepada murid, tentunya suatu waktu kita akan dihadapkan pada situasi dilema untuk mengambil sebuah keputusan yang terbaik dan menguntungkan semua pihak. 

Adapun langkah-langkah awal yang akan saya lakukan yaitu: 

  1. Melakukan analisa terkait situasi atau masalah yang saya hadapi disesuaikan dengan paradigma pengambilan keputusan
  2. Memilih salah satu atau mungkin ketiganya dari tiga prinsip pengambilan keputusan yang ada.
  3. Memastikan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan tentunya sudah sesuai dan sejalan dengan visi dan misi yang telah kita susun dan sepakati bersama. 
  4. Melakukan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.  

Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa?

Langkah-langkah pengambilan keputusan tersebut akan saya terapkan ketika saya dihadapkan pada situasi dilema etika yang memerlukan pengambilan keputusan terbaik yang dapat menguntungkan semua pihak. Jika hari ini mengalami dilema etika maka hari ini saya akan menerapkan langkah-langkah tersebut, dan seterusnya dan bahkan ketika setiap ada masalah saya pastikan akan menggunakan langkah tersebut supaya terpatri dalam benak saya untuk menentukan sebuah keputusan yang tepat maka langkah -langkah pengambilan keputusan tersebutlah menjadi patokan untuk menyelesaikan sebuah masalah

Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Dalam mengambil sebuah keputusan tentunya tidak lakukan saya sendiri akan tetapi perlu masukan-masukan dari berbagai pihak yang bisa kita ajak bermusyawarah dan berdiskusi sehingga kita mengetahui apakah keputusan yang telah kita pertimbagkan ini sudah tepat dan efektif atau belum. Menurut saya orang-orang yang bisa jadikan teman diskusi/pendamping dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah rekan-rekan sejawat di sekolah, kepala sekolah, orang tua siswa, siswa, komite sekolah, pengawas sekolah atau bisa juga keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi - Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

Lagu Masa Kanak ana dou Mbojo

Seri Seratus Tokoh Berpengaruh dalam Sejarah