3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
3.1.a.7. Demontrasi
Kontekstual - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Empat
pertanyaan pemantik yang disediakan adalah sebagai berikut.
Bagaimana Anda nanti akan
mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru
penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?
Belajar
dan berbagi itu indah itulah yang menjadi pegangan saya pada setiap mengikuti
kegiatan pengembangan diri yang saya ikuti. Artinya selain belajar untuk
peningkatan kompetensi diri sendiri, saya juga melakukan sharing atau berbagi
apa yang sudah saya dapatkan baik kepada rekan-rekan guru di sekolah dan juga
rekan-rekan guru di seluruh nusantara. Karena dengan berbagi maka ilmu yang
akan kita dapatkan akan semakin bermakna baik untuk diri sendiri maupun untuk
orang banyak . Selain itu, kita juga dapat menginspirasi rekan-rekan yang lain
untuk ikut melakukan apa yang telah saya lakukan.
Adapun
cara yang akan saya lakukan dalam mentransfer dan membagikan pengetahuan yang
saya dapatkan dalam program guru penggerak ini yaitu:
- Mensosialisasikan
materi-materi program guru penggerak yang telah didapatkan melalui
komunitas praktisi seperti MGMP Sejarah di sekolah atau dalam lingkup yang
lebih luas seperti sosialisasi lintas jurusan dalam satu sekolahan.
- Mensosialisasikan
materi-materi program guru penggerak melalui kegiatan Virtual dengan aplikasi google
meet, Zoom Meeting dan Webex.
- Mensosialisasikan
materi-materi program guru penggerak melalui sosial media baik berupa
tulisan maupun video yang diupload ke channel youtube, , facebook dan
Lain- lain.
Apa langkah-langkah awal
yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin
pembelajaran?
Sebagai
seorang pemimpin pembelajaran di sekolah dalam rangka mewujudkan merdeka
belajar dengan pembelajaran yang berpihak kepada murid, tentunya suatu waktu
kita akan dihadapkan pada situasi dilema untuk mengambil sebuah keputusan yang
terbaik dan menguntungkan semua pihak.
Adapun
langkah-langkah awal yang akan saya lakukan yaitu:
- Melakukan analisa terkait situasi atau masalah yang saya hadapi disesuaikan dengan paradigma pengambilan keputusan
- Memilih salah satu atau mungkin ketiganya dari tiga prinsip pengambilan keputusan yang ada.
- Memastikan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan tentunya sudah sesuai dan sejalan dengan visi dan misi yang telah kita susun dan sepakati bersama.
- Melakukan
9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
Mulai kapan Anda akan
menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa?
Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa?
Langkah-langkah
pengambilan keputusan tersebut akan saya terapkan ketika saya dihadapkan pada
situasi dilema etika yang memerlukan pengambilan keputusan terbaik yang dapat
menguntungkan semua pihak. Jika hari ini mengalami dilema etika maka hari ini saya
akan menerapkan langkah-langkah tersebut, dan seterusnya dan bahkan ketika
setiap ada masalah saya pastikan akan menggunakan langkah tersebut supaya
terpatri dalam benak saya untuk menentukan sebuah keputusan yang tepat maka
langkah -langkah pengambilan keputusan tersebutlah menjadi patokan untuk
menyelesaikan sebuah masalah
Siapa yang akan menjadi
pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan
apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.
Dalam
mengambil sebuah keputusan tentunya tidak lakukan saya sendiri akan tetapi
perlu masukan-masukan dari berbagai pihak yang bisa kita ajak bermusyawarah dan
berdiskusi sehingga kita mengetahui apakah keputusan yang telah kita pertimbagkan
ini sudah tepat dan efektif atau belum. Menurut saya orang-orang yang bisa jadikan
teman diskusi/pendamping dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai
pemimpin pembelajaran adalah rekan-rekan sejawat di sekolah, kepala sekolah,
orang tua siswa, siswa, komite sekolah, pengawas sekolah atau bisa juga
keluarga.
Komentar
Posting Komentar