Koneksi Antar Materi - Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

 

  • Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?

Pandangan Ki Hajar Dewantara tentang Filosofi Pratap Triloka dikenal dengan semboyang Ing ngarso sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani.  Umumnya semboyan ini diterjemahkan dengan Di depan Memberi teladan, Di tengah Memberi Motivasi atau Dorongan dan Di belakang memberi Dukunga. Dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran hendaklah seorang guru mempertimbangkan dan di analisis, karena keputusan itu dijadikan contoh teladan bagi murid, baik di kelas maupan di sekolah. Dan hendaknya dalam mengambil sebuah keputuan seorang pemimpin pembelajaran harus bisa memberikan motivasi kepada seluruh muridnya. Serta dalam pengambilan keputusan hendaknya mampu memberikan dukungan baik fisik maupun moral untuk seluruh muridnya.

  • Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

Dalam pengambilan suatu keputusan, guru sebagai seorang pemimpin pembelajaran harus memiliki nilai-nilai moralnya sebagai seorang guru yang penuh rasa tanggung jawab sehingga keputusan-keputusan yang diambil sepenuhnya berdampak langsung kepada murid.

  • Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan ‘coaching’ (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi ‘coaching’ yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.

Dalam pengambilan suatu keputusan, terkadang kita masih ragu apakah keputusan tersebut sudah tepat atau belum? Dengan adanya Coaching, dapat menuntun kita untuk mendapatka keputusan-keputusan terbaik dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan mengarahkan kita untuk mengambil keputusan yang terbaik dan efektif.

  • Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik.

Seorang guru sesunguhnya sudah dibekali dengan nilai-nilai dalam dirinya, sehingga Ketika dihadapkan masalah moral atau etika maka nilai-nilai tersebut akan mendorong dalam diri sesui dengan nili yang dianutnya.

  • Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

Dalam Pengambilan keputusan yang tepat, tentunya kita harus memperhatikan paradigma dalam pengambilan keputusan, prinsip-prinsip dalam pengambilan keputusan, serta Langkah-langkah dalam pengambilan keputusan yang telah dipelajari dalam modul.

  • Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali ke masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?

Kesulitan dalam pengambilan keputusan kasus dilema etika adalah nilai dan budaya yang ada dalam lingkungan masyarakat, serta paradigma berpikir yang bertentangan dengan prinsip-prinsip maupun paradigma dalam pengambilan keputusan.

  • Dan pada akhirnya, apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita?

Keputusan yang saya ambil akan menentukan nasib murid saya yang akan datang. Oleh karena itu dalam pengambilan keputusan harus mempertimbangan banyak hal supaya keputusan tersebut menghasilkan keputusan yang bijaksana yang berpihak pada murid dan mewujudkan merdeka belajar untuk murid.

  • Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?

Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, dalam pengambilan suatu keputusan harus mempertimbangan banyak hal supaya keputusan tersebut menghasilkan keputusan yang bijaksana yang bisa mempengaruhi kehiduan atau masa depan murid kelak.

  • Apakah kesimpulan akhir  yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?

Kesimpulan dari modul ini adalah bahwa dalam pengambilan suatu keputusan guru sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa mengambil keputusan yang berpihak pada murid, keputusan-keputusan yang diambil harus berdasarkan 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip dalam pengambilan keputusan serta 9 langkah dalam pengambilan keputusan.

 

Sedangkan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya jelas bahwa dlam modul ini sangat berkaitan dengan modul-modul sebelumnya, misalnya dengan filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara bahwa dalam pengambilan keputusan guru sebagai pemimpin pembelajaran harus bisa mengambil keputusan yang bisa dijadikan contoh teladan dari murid-muridnya, bisa memberikan motivasi atau dorongan serta keputusan tersebut bisa memberikan dukungan, baik secara fisik maupun moril kepada seluruh murid, serta dalam pengambilan keputusan seorang pemimpin pembelajaran harus memperhatikan nilai-nilai yang terkandug dalam dirinya sehingga keputusan-keputusn yang diambil adalah keputusa-keputusan yang bertanggung jawab. Serta peranan Coaching dalam pengambilan keputusan sangat penting sehingga keputusan-keputusan tersebut merupakan keputusan-keputusan terbaik guna untuk mewuudkan merdeka belajar dan pembelajaran yang berdamak pada murid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagu Masa Kanak ana dou Mbojo

Seri Seratus Tokoh Berpengaruh dalam Sejarah