Koneksi Antar Materi - Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
- Bagaimana pandangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap
Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan
sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil?
Pandangan Ki Hajar Dewantara tentang Filosofi
Pratap Triloka dikenal dengan semboyang Ing ngarso sung tuladha, Ing madya
mangun karsa, Tut wuri handayani. Umumnya semboyan ini diterjemahkan dengan Di
depan Memberi teladan, Di tengah Memberi Motivasi atau Dorongan dan Di belakang
memberi Dukunga. Dalam pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
hendaklah seorang guru mempertimbangkan dan di analisis, karena keputusan itu
dijadikan contoh teladan bagi murid, baik di kelas maupan di sekolah. Dan
hendaknya dalam mengambil sebuah keputuan seorang pemimpin pembelajaran harus
bisa memberikan motivasi kepada seluruh muridnya. Serta dalam pengambilan
keputusan hendaknya mampu memberikan dukungan baik fisik maupun moral untuk
seluruh muridnya.
- Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam
diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam
pengambilan suatu keputusan?
Dalam pengambilan suatu
keputusan, guru sebagai seorang pemimpin pembelajaran harus memiliki
nilai-nilai moralnya sebagai seorang guru yang penuh rasa tanggung jawab
sehingga keputusan-keputusan yang diambil sepenuhnya berdampak langsung kepada
murid.
- Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita
lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan ‘coaching’
(bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan
proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan
yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah
efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas
pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh
sesi ‘coaching’ yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.
Dalam pengambilan suatu
keputusan, terkadang kita masih ragu apakah keputusan tersebut sudah tepat atau
belum? Dengan adanya Coaching, dapat menuntun kita untuk mendapatka keputusan-keputusan
terbaik dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan mengarahkan kita untuk mengambil
keputusan yang terbaik dan efektif.
- Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus
pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut
seorang pendidik.
Seorang guru sesunguhnya
sudah dibekali dengan nilai-nilai dalam dirinya, sehingga Ketika dihadapkan
masalah moral atau etika maka nilai-nilai tersebut akan mendorong dalam diri
sesui dengan nili yang dianutnya.
- Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat,
tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif,
aman dan nyaman.
Dalam Pengambilan keputusan
yang tepat, tentunya kita harus memperhatikan paradigma dalam pengambilan
keputusan, prinsip-prinsip dalam pengambilan keputusan, serta Langkah-langkah
dalam pengambilan keputusan yang telah dipelajari dalam modul.
- Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di
lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan
keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali ke
masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?
Kesulitan dalam pengambilan
keputusan kasus dilema etika adalah nilai dan budaya yang ada dalam lingkungan
masyarakat, serta paradigma berpikir yang bertentangan dengan prinsip-prinsip
maupun paradigma dalam pengambilan keputusan.
- Dan pada akhirnya, apakah pengaruh
pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang
memerdekakan murid-murid kita?
Keputusan yang saya ambil
akan menentukan nasib murid saya yang akan datang. Oleh karena itu dalam
pengambilan keputusan harus mempertimbangan banyak hal supaya keputusan
tersebut menghasilkan keputusan yang bijaksana yang berpihak pada murid dan
mewujudkan merdeka belajar untuk murid.
- Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran
dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan
murid-muridnya?
Sebagai seorang pemimpin pembelajaran, dalam
pengambilan suatu keputusan harus mempertimbangan banyak hal supaya keputusan tersebut menghasilkan
keputusan yang bijaksana yang bisa mempengaruhi kehiduan atau masa depan murid
kelak.
- Apakah kesimpulan akhir yang dapat
Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan
modul-modul sebelumnya?
Kesimpulan
dari modul ini adalah bahwa dalam pengambilan suatu keputusan guru sebagai
pemimpin pembelajaran harus bisa mengambil keputusan yang berpihak pada murid,
keputusan-keputusan yang diambil harus berdasarkan 4 paradigma pengambilan
keputusan, 3 prinsip dalam pengambilan keputusan serta 9 langkah dalam
pengambilan keputusan.
Sedangkan
keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya jelas bahwa dlam modul ini sangat
berkaitan dengan modul-modul sebelumnya, misalnya dengan filosofi pemikiran
Ki Hadjar Dewantara bahwa dalam pengambilan keputusan guru sebagai pemimpin
pembelajaran harus bisa mengambil keputusan yang bisa dijadikan contoh teladan
dari murid-muridnya, bisa memberikan motivasi atau dorongan serta keputusan
tersebut bisa memberikan dukungan, baik secara fisik maupun moril kepada
seluruh murid, serta dalam pengambilan keputusan seorang pemimpin pembelajaran
harus memperhatikan nilai-nilai yang terkandug dalam dirinya sehingga
keputusan-keputusn yang diambil adalah keputusa-keputusan yang bertanggung
jawab. Serta peranan Coaching dalam pengambilan keputusan sangat penting
sehingga keputusan-keputusan tersebut merupakan keputusan-keputusan terbaik
guna untuk mewuudkan merdeka belajar dan pembelajaran yang berdamak pada murid.
Komentar
Posting Komentar